-->

This page will be redirected into my new page within 20 secs

perhatian: Halaman ini akan dipindahkan dalam 20 detik to my new blog

2011-01-20

Uji kualitatif asam amino

Uji kualitatif asam amino merupakan praktikum biokimia yang pernah saya jalani saat masih kuliah. Tulisan ini saya rujuk dari laporan yang saya buat.
Tujuannya:
untuk identifikasi asam amino berdasarkan sifat gugus R dari asam amino
untuk menentukan apakah protein sampel mengandung residu asam amino tirosin dan/atau protein.

Asam amino merupakan molekul yang mengandung gugus asam(acid grup)(-COOH) dan gugus amino (-NH2). Asam amino juga merupakan penyusun utama (monomer) dari protein. Terdapat 20 macam asam amino penyusun protein pada manusia. Semuanya merupakan asam α-amino kecuali prolin. Pembeda antara asam amino dengan lainnya terletak pada gugus -R atau rantai samping (side chain) yang dimilikinya.

asam amino

Pada percobaan ini dilakukan uji millon untuk mendeteksi asam amino tirosin dan uji Hopkins-cole untuk menganalisis asam amino triptofan. tirosin dengan pereaksi Millon akan membentuk garam merkuri ternitrasi yang berwarna merah. Pada uji Hopkins-cole, triptofan berkarbonasi dengan aldehida dalam suasana asam sulfat dan akan membentuk kompleks asam 2,3,4,5-tetrahidro-β-karbolin-4-karboksilat yang teramati sebagai cincin berwarna.

Pada percobaan tirosin terhadap pereaksi Millon, digunakan sampel albumin dan gelatin. albumin akan menunjukkan hasil positif sedangkan gelatin tidak.
Uji hopkins-cole akan positif pada larutan triptofan, sedangkan akan negatif pada albumin dan gelatin.

0 komentar:

Silahkan berkomentar demi perbaikan blog ini. Terima kasih.,, :D
(Menggunakan moderasi komentar)

Posting Komentar